Konsep manajemen pengetahuan (knowledge management)
adalah sebuah konsep baru di dunia bisnis yang telah dterapkan berbagai
perusahaan besar di dunia. Pada prinsipnya, konsep knowledge management
bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan memperbaiki
komunikasi antara seluruh bagian perusahaan dan meningkatkan penguasaan
pengetahuan dengan melakukan transfer pengetahuan (knowledge sharing).
KM memasuki era dimana orang-orang
biasa dan karyawan diharapkan berkontribusi signifikan untuk penciptaan
pengetahuan dan manajemen, dibantu oleh pemikiran KM baru dan berkembang dari
alat-alat baru yaitu dua inovasi disruptif: Web 2.0 dan/atau
cloud computing. Dengan teknologi KM, penerapannya terbukti mahal dan sulit. Organisasi dengan cara yang terbatas,
seperti UKM dan polisi, juga akan memainkan peran penting dalam era KM yang
baru, berkat inovasi tersebut dan perubahan budaya.
Source : Jurnal "Knowledge
management in the age of cloud computing and Web 2.0: Experiencing the power of
disruptive innovations"
No comments:
Post a Comment