E-commerce
dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan
barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media
elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan
perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya,
“e-commerce is a part of e-business”.
E-commerce
dapat diterapkan pada bisnis manufactur, jasa, selular provider, dan barang.
dalam jurnal yang berjudul "Mobile phone customer retention
strategies and Chinese e-commerce" dijelaskan tentang pemanfaatan
penggunaan e-commerce pada provider selular dalam meningkatkan pelanggan.
Menggunakan 414,733 pelanggan sebagai sampel dari
pelanggan sebuah operator di Cina, jurnal ini menyelidiki efektivitas strategi
retensi perusahaan dengan memeriksa efek memperluas siklus hidup pelanggan.
Ditemukan bahwa inkremental average
revenue per user (ARPU) dalam jangka waktu penyimpanan dan bonus retensi
berkorelasi positif. Kebijakan penyimpanan juga berkorelasi positif dengan
penambahan variabel konsumsi (jumlah panggilan, jumlah pesan singkat dan
layanan bernilai tambah). Akhirnya, strategi retensi menunjukkan berbagai
tingkat efektivitas untuk tiga rencana panggilan yang berbeda. Berdasarkan
temuan, kita menarik implikasi untuk pengembangan e-commerce di Cina.
Source : Jurnal "Mobile phone customer retention strategies and Chinese e-commerce"
Source : Jurnal "Mobile phone customer retention strategies and Chinese e-commerce"
No comments:
Post a Comment